Cergam center adalah sentra aktivitas cergam di
yang didirikan bersama oleh perwakilan dari komunitas, penerbit dan praktisi pendidikan cergam dalam rangka mengembangkan potensi cergam lokal di
Visi
Menjadikan cergam sebagai bacaan yang memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa dan menjadi duta budaya bangsa
Misi
1.Membangun kemitraan dengan institusi pendidikan untuk
pengadaan pendidikan cergam dalam rangka melahirkan
praktisi cergam dan cergam berkualitas
2.Menyebarluaskan informasi tentang dunia cergam melalui
media khusus cergam dan kemitraan dengan media umum lainnya
3.Membangun jaringan penyebaran cergam dan menyalurkan cergam
ke basis-basis pembaca
Program 2009-2012
1.Pendidikan :
Tindak lanjut kemitraan pendidikan cergam dengan institusi pendidikan formal
2.Media :
a.SEQUEN sebagai media rujukan cergam
b.catalog-newsletter untuk mempromosikan produk & kegiatan cergam
c.cergamcenter.com sebagai database cergam, cergamis, komunitas
dan aktivitas cergam
3.Pemasaran :
a.Membuka jaringan penyebaran cergam melalui taman-taman bacaan
sebagai basis ril pembaca cergam
b.Membuka jaringan mini-outlet cergam di jaringan
komunitas, sekolah/kampus
dan basis pembaca cergam lainnya
c.Pengadaan armada kelilin
g cergam untuk melay
ani jasa penjualan langsung
dan pesan antar cergam.
d.Partisipasi event dan kegiatan lainnya dalam rangka memasarkan produk
cergam lokal
e.Menampung dan menyalurkan produk cergam karya komunitas
melalui jaringan cergam center
Latar Belakang:
Tahun 2007 lalu menggenapi 1 dekade kelahiran ‘Gerakan Komik Indonesia Generasi Baru’ yang ditandai dengan penyelenggaraan ‘Festival Komik Indonesia Satu Dekade (Konde)’ di Pasar Seni Ancol. Tahun 2008, dalam rangka mela
njutkan langkah membangun eksistensi Komik Indonesia, sejumlah praktisi cergam kembali bertemu.
Seiring momen 100 tahun Kebangkitan Nasional saat itu, digagaslah gerakan Bangkit Cergam.
Dari Gerakan Bangkit Cergam ini dipandang perlunya keberadaan sebuah basis aktivitas cergam agar penyelenggaran program yang ada menjadi lebih efektif terkendali dan terukur. Maka diprakarsai
lah berdirinya Cergam Center oleh perwakilan dari komunitas praktisi cergam (Oyasuj
iwo ; ex-ketua MKI), praktisi media cergam & praktisi pendidikan desain (Iwan Gunawan ; pe
m-red Sequen, FSR-IKJ) serta penerbit cergam (Sundoro; Pustaka Lebah). Cergam Center berfokus membangun infrastruktur cergam di Indonesia. Prioritas pertama Cergam Center adalah menyebarluaskan informasi dan produk cergam yang makin marak bermunculan namun belum masih terbatas penyebarannya.
Sepanjang tahun 2008, Cergam Center aktif berpartisipasi dalam ajang-ajang ekonomi kreatif di antaranya Pekan Produk Budaya Indonesia (JCC), Pekan Industri Kreatif (Kelapa Gading Mal), TradEX (PRJ), Ritech (MGK Kemayoran), Indonesian Creative Idol (TMII, Citywalk) serta ajang hobi seperti Jakarta Toys & Comic Fair (Tennis Indoor Senayan), dan Atomic Party (Summarecon Mal)
Tahun 2009, Cergam Center akan melanjutkan rilis ‘Sequen’ sebagai media rujukan cergam bagi penggemar & praktisi cergam, Bulletin ‘Cergamis’ sebagai media promosi produk & kegiatan komunitas cergam, dan ‘cergamcenter.com’ sebagai pusat dokumentasi virtual cergam. Ketiganya dirilis dalam rangka menyebar luaskan informasi tentang cergam.
Sedangkan untuk penyebarluasan produk cergam, Cergam Center menggalang kemitraan dengan taman-taman bacaan sebagai basis ril pembaca cergam, membangun jaringan mini outlet di basis-basis pembaca lainnya serta pengadaan armada keliling untuk layanan jasa penjualan langsung dan pesan antar cergam. Program ini akan dilaksanakan secara bertahap mulai 2009-2012.***
0 komentar:
Posting Komentar